Anoda dan Katoda Dalam Proses Elektroplating

Anoda dan Katoda Dalam Proses Elektroplating

Elektroplating adalah proses elektrokimia di mana suatu lapisan logam ditambahkan ke permukaan benda lain melalui penerapan arus listrik dalam larutan elektrolit berupa anoda dan katoda :




Anoda :

  • Anoda adalah elektroda yang terhubung ke terminal positif sumber listrik. Dalam elektroplating, anoda biasanya terbuat dari logam yang ingin dilapisi ke benda lain. Contoh : Jika ingin melapisi benda nikel maka anoda akan terbuat dari nikel
  • Saat arus listrik mengalir, anoda teroksidasi dan ion logam dari anoda larut dalam elektrolit. Ion logam ini kemudian bergerak menuju katoda.

Katoda :

  • Katoda adalah elektroda yang terhubung ke terminal negatif sumber listrik. Dalam elektroplating, katoda adalah benda yang ingin dilapisi. Ini bisa berupa benda logam, seperti logam elektronik, perhiasan maupun bagian otomotif
  • Saat arus listrik mengalir, ion logam yang bergerak melalui larutan elektrolit tertarik ke katoda. Ketika mereka mencapai katoda, ion logam menerima elektron (tereduksi) dan menempel pada permukaan katoda, menciptakan lapisan logam baru.


Berikut cara kerja dalam bentuk gambar :